Tips Agar PC Kebal dari Serangan Virus Ramnit yang Menyebalkan

Virus Ramnit merupakan virus yang banyak menginfeksi komputer seseorang. Setiap komputer pasti pernah mengalami masalah dengan virus ini, seperti yang dialami penulis blog Doinesia. Ketika komputer saya terinfeksi virus ini, semua drive penyimpanan data akan dijadikan tempat virus. Bila saya memasukkan flashdisk, maka flashdisk saya akan segera diisi sama si virus. Tandanya, adalah didalam flashdisk kita akan ada file Copy of Shortcut to (1) sampai (4) dan sebuah folder Recycler. Virus ini sangat mudah menyebar, dan kebanyakan orang tidak sadar kalau komputernya sudah terinfeksi. File-file yang diinfeksi oleh virus ini adalah yang berekstensi exe, htm atau html, dan file library dll.

Berikut ini tips dari Doinesia agar terhindar dari virus ramnit :
  1. Install antivirus luar pada komputer Anda. Kalau hanya antivirus lokal, misalnya Smadav, masih kurang untuk mendeteksi virus ini. Tapi anda bisa juga menggunakan anti virus lokal yang ampuh mencegah virus ramnit yaitu PCMAV, anti virus ini dapat mencegah dan menghapus virus ramnit yang masuk. berikut file download PCMAV anti virus. Klik disini.
  2. Matikan fitur autoplay windows Anda. Caranya, klik start menu, pilih run, dan ketikkan gpedit.msc. Pilih user configuration, system, dan pilih pilihan turn off autoplay, ganti pilihan dari CD ROM drives menjadi all drives.
  3. Sebelum membuka flashdisk di komputer Anda, sebaiknya di scan dulu pakai PCMAV yang sudah didownload tadi atau anti virus lainnya. Jangan langsung membuka flashdisk sebelum di scanning. Pastikan juga Antivirus Anda selalu up date.
Dan berikut ini adalah bagaimana Agar komputer Anda tidak menjadi korban keganasan Ramnit, berikut beberapa tips dan trik agar komputer kebal dari serangan Ramnit :
  1. Buat folder dummy (folder kosong) dengan nama “WaterMark.exe” dan “svchost.exe” di lokasi yang biasa di incar oleh virus, kemudian ubah attribut file tersebut menjadi Hidden, System dan Read Only. Langkah ini dilakukan agar Ramnit tidak bisa membuat file induk virus di lokasi yang sama.
  2. Buat file “Recycler” disetiap drive, kemudian ubah attribut menjadi Hidden, System dan Read Only. Langkah ini dilakukan agar Ramnit tidak dapat membuat file induk (berupa ekstensi EXE dan CPL) kedalam file RECYCLER. dikarenakan RECYCLER ini berupa file (bukan berupa FOLDER) maka Ramnit tidak akan dapat membuat file virus di lokasi tersebut.
  3. Buat 2 (dua) key registry di lokasi berikut ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Image File Execution Options (lihat gambar 7)Key : Explorermgr.exe dan WaterMark.exeString value : Debugger
Type : REG_SZ
Data value : ntsd –d
Langkah ini dilakukan, agar script/kode virus yang ada pada file virus Ramnit tidak dapat di eksekusi, sehingga Ramnit tidak dapat aktif di memory. 

Sekian tips untuk pencegahan dan kebal dari virus Ramnit yang bisa menginfeksi komputer Anda. Bila komputer Anda sudah terkena virus ini, cara membersihkannya bisa menggunakan PCMAV yang sudah didownload. Tapi, tetap saja untuk membersihkan virus ini caranya cukup merepotkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Mouse Gaming Logitech G502 Proteus Spectrum

Apple Mengabarkan Bahwa iPhone Terbaru Tak Lagi Gunakan Material Aluminium?