Tips Agar Kuota Internet Smartphone Anda Tidak Boros

Smartphone tidak akan memiliki fungsi bila tidak diiringi dengan adanya paket data yang dapat membuatnya aktif digunakan, terlebih pada era arus informasi yang tidak terbendung dan sangat cepat seperti akhir-akhir ini. Di Indonesia sendiri, para operator telekomunikasi rata-rata memberikan kuota dari setiap paket data yang ditawarkan yang kadang tanpa disadari dapat cepat habis.

Penyebabnya memang kebanyakan dari para pengguna smartphone lebih suka mengunduh aplikasi dengan beban memory yang begitu besar dan bermain mobile game online tanpa menggunakan dukungan koneksi Wi-Fi. Hal tersebut otomatis menyedot kuota paket data internet lebih banyak dari yang seharusnya digunakan. Cara `konservatif` ini sepertinya harus diubah dengan beberapa cara jitu agar Anda bisa lebih menghemat kuota paket data internet Anda dan tidak perlu merogoh kocek lebih dalam lagi ketika kehabisan paket.

Untuk menghindari ‘kebocoran’ kuota data yang berlebihan, Doinesia kali ini mengulas langkah-langkah yang dapat dicoba untuk menghemat kuota internet anda. Berikut beberapa tips dari Doinesia :

1. Pakai Browser Yang Lebih Efisien
Percayalah, aplikasi browser default yang sudah ada di smartphone Anda memang memiliki banyak kelebihan, namun ternyata menyedot data internet Anda begitu besar. Cobalah unduh browser yang lebih efisien seperti Opera Mini yang mampu menyimpan data Anda secara primer dengan mengompres website yang Anda kunjungi. Browser ini juga memiliki fitur data-saving `video boost` dimana mampu mengurangi proses buffer dan mampu mengoptimalkan kualitas gambar tanpa perlu menyedot data internet yang besar. 

Bahkan, ketika Anda memiliki banyak data atau menggunakan Wi-Fi, Opera Mini akan mematikan fitur data-saving dimana Anda akan mendapatkan pengalaman browsing yang baik dan sempurna. Untuk mengakses opsi data-saving Opera Mini, sentuh `O` dibawah layar Opera Mini.

2. Matikan Fungsi Auto Update Playstore
Tentunya smartphone dipenuhi dengan beragam aplikasi, mulai dari media sosial hingga game dengan ukuran yang berbeda. Untuk mencegah berkurangnya kuota secara tidak disadari, coba periksa Pengaturan pada Google Play di smartphone Anda. Setiap developer memberikan pembaruan pada aplikasinya pada waktu yang tidak ditentukan dan update yang diberikan pun kadang minor, sehingga tidak perlu rutin mengecek update aplikasi. Alternatifnya, Anda bisa mengatur untuk melakukan Auto Update hanya saat sudah terhubung pada koneksi wifi saja.

3. Matikan fungsi Auto Synchronization
Fungsi Auto Synchronization atau disingkat Auto Sync biasanya terdapat pada panel notifikasi smartphone. Bila Anda merasa tidak setiap waktu harus meng-update akun media sosial, email, ataupun lainnya, maka non-aktifkan fitur ini. Karena fungsi ini akan memakan kuota Anda tanpa disadari. Atau Anda dapat memilih aplikasi tertentu yang dapat langsung disinkronisasi secara otomatis, seperti untuk email baru yang masuk.

4. Batasi penggunaan media sosial
Aktivitas satu ini pasti dilakukan oleh kebanyakan pengguna smartphone saat ini. Ya, aktif di media sosial menjadi salah satu pemangsa kuota data terbesar. Untuk mengirit kuota, maka coba kurangi kegiatan ini, atau bisa juga dengan log out setiap kali selesai ‘menjelajah’ media sosial. Beberapa operator telekomunikasi di Indonesia menyediakan pilihan paket data yang berbeda dan dapat dipilih sesuai kebutuhan. Bila memang Anda termasuk yang lebih aktif di media sosial, pilihlah paket yang memberikan akses unlimited untuk media sosial.

5. Hilangkan beberapa widget yang tidak berguna pada layar home screen
Pada pengaturan default smartphone Android, tersedia widget untuk mengetahui kondisi cuaca sekitar. Widget ini ternyata memakan kuota data. Meskipun tidak terlalu besar, namun menghapus widget perlu dilakukan untuk meminimalisir penggunaan kuota. Terlebih bila widget ini dipasang secara berkala dan terus menerus.
Selain menghemat kuota dalam paket data smartphone, hal di atas juga dapat memberi manfaat tambahan, yakni membuat daya baterai bertahan lebih lama. Karena tak jarang semakin cepat dan banyak kuota yang digunakan, akan semakin cepat pula menguras baterai smartphone. Sekian tips dari doinesia, tunggu tips lainnya ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Agar PC Kebal dari Serangan Virus Ramnit yang Menyebalkan

Review Mouse Gaming Logitech G502 Proteus Spectrum

Apple Mengabarkan Bahwa iPhone Terbaru Tak Lagi Gunakan Material Aluminium?